Monday, December 18, 2006

Journey of ex86

Jangan salah paham. ex86 di sini bukan project x86 seperti yang dilakukan orang-orang untuk menjalankan MacOS X di PC. Tapi ex atau mantan 1986, alias project iseng-iseng menjalankan Macintosh Plus buatan 1986 di MacOS X. Sekedar ingin nostalgia 20 tahun yang lalu saat gue pertama kalinya bertatap-tatapan dengan Macintosh setelah sekian lama hidup dalam rimba gelap DOS di PC.

The legendary startup screen "Welcome to Macintosh" in my MacOS X Desktop










Sebenarnya hal ini bukan hal baru, apalagi software emulator Mac classic seperti VMAC sudah ada sejak 1997. Gue baru coba-coba sekitar tahun 2000 silam setelah mendapatkan ROM Macintosh Classic. ROM ini gue dapat diam-diam di web, karena rasanya susah juga cari Macintosh Classic di sekitar kita untuk diambil ROM-nya.

Anyway, setelah mendapatkan System 6 sebagai startup system, gue install dan BEEP (bunyi khas Macintosh tua) gue langsung serasa dibawa ke alam 20 tahun lalu. Layar hitam putihnya, icon sederhananya, logo Apple hitamnya, menu barnya, trash iconnya, control panelnya. Gue ngga tahu kata-kata yang tepat buat menggambarkannya, tapi analoginya seperti orang yang biasa naik motor Honda MegaPro tiba-tiba merasakan naik motor bebek Honda 70-an. Apalagi jika memang pernah punya kenangan tersendiri dengan Honda 70-annya. Istilahnya : ada-sensasi-yang-gimana-gitu-looocchh.

The great-great-great grandfather of all computer desktop with Disk, Trash, Menubar.









The grandfather of all computer desktop with Disk, Trash, Menubar.
















"Get Info" Startup Disk System 6 besar file-nya hanya 1,4 mega dan 21 file di dalam System Folder-nya(click to enlarge)








Mbahnya "Control Panel" & multitasking semua operating system (click to enlarge)

Setelah semua jalan, gue mencoba menjalankan System & Finder versi 1, operating system orisinal yang digunakan tahun 1984. Cuma sayang gagal total. Entah mengapa, setiap Start UP selalu muncul SAD MAC dengan kode 0F000B. Mungkin masalah kompatibilitas di format disk image yang gue pakai.








The original Macintosh operating system dan nongol SAD MAC saat restart (click to enlarge)

Ada satu hal lagi yang membuat gue 'ngotot' ngoprek Macintosh jadul ini : main game King's Quest pertama! Wahai para game freak, terutama pecinta game RPG, ini lah mbah-nya game RPG. Gue masih ada disk image-nya (disk aslinya sudah jamuran) dan langsung gue coba. Cihuy! It works! Sir Graham's original journey in my QuickSilver G4!








Ladies & gentleman, Roberta Williams present you : King's Quest! (click to enlarge)

Buat sementara orang - terutama Martino temen kantor gue yang ngoprek abis project X86 - apa yang gue lakukan bener-bener dianggap kurang kerjaan. Tapi buat orang-orang yang dulu pernah mengalami jatuh cinta pandangan pertama dengan Mac di era pertengahan 80-an, journey ini bukan sekedar nostalgia. Sejarah dan masa lalu bukan hanya sekedar untuk dikenang, tapi untuk diresapi dan menjadi bekal di masa depan, masanya Leopard.

Link :
http://www.vmac.org
http://en.wikipedia.org/wiki/Mac_OS_history

3 comments:

Pinot W. Ichwandardi said...

Ngoprek system lama seolah seperti berkunjung ke galeri barang-barang kuno, dan interface item putihnya seperti masuk galeri-nya Susan kare.

Item putih pun sebenarnya bisa 'berwarna', tergantung bagaimana rasa & hati kita menyikapinya.. *CCCCIIIIIIEEEEEEEEILEEEHHH*

Anonymous said...

not maksudnya ini emulator OS 1 gituh? bisa dicoba di mac sekarang?

Pinot W. Ichwandardi said...

Bisa bang-get di MacOS X Tiger, Bim. Namanya juga emulator, kudu bisa dienvironment mana pun :D