Thursday, April 27, 2006

Odol = MP3 Player

Produk MP3 player 'kacangan' dimirip-miripin dengan iPod sudah biasa. Setelah kasus Luxpro yang membuat kembaran iPod shuffle, kini makin menjamur kembaran-kembaran atau imitasi iPod. Appearance nya bisa bikin orang keliru beli kalau kebetulan lagi mabok minum Topi Miring atau tripping. Seperti yang direport Daniel Cheng dari Taipei Times, lingkaran dial khas iPod secara sekilas menunjukkan identitas produk iPod asli bikinan Apple. Dan mereknya pun Nano.

Lain lagi dengan apa yang gue lihat hari ini di Glodok Elektronik, arteri Pondok Indah. Sejalan dengan apa yang diposting Wicak (link) & Nanda (link) di milis id-apple beberapa waktu lalu, gue melihat produk MP3 player yang tidak mirip dengan penampilan iPod tapi menggunakan brand iPod seperti di bawah ini. Tentu saja ada yang mirip iPod (warna putih seperti iPod Nano) dengan brand iPod.

Photobucket - Video and Image Hosting

Photobucket - Video and Image Hosting Photobucket - Video and Image Hosting

Whoa, terjadi pelanggaran hukum tentang merek dagang! Biar laku, produknya dikasih nama iPod!
Atau.... malah terjadi pergeseran brand atau merek dagang ke nama jenis produk. iPod bukan merek dagang, bung! iPod adalah jenis MP3 music player!

Saat beli MP3 Player di sebuah toko, sebut saja iPod, maka akan banyak pilihan dari berbagai merek Samsung, Creative atau iPod itu sendiri. Hal ini persis dengan bentuk ketersesatan kaprah lain seperti Aqua untuk air mineral & Odol untuk pasta gigi. Sebelumnya sempat baca di sebuah artikel di web, Delon diwawancara reporter tentang iPod - seperti yang gue kutip sebelum artikel ini diperbaiki (artikelnya sendiri memang sudah diperbaiki, tapi Comment pembacanya masih ada) :

Dari empat Ipod yang dimiliki Dellon ternyata Sony semua loh!, dari yang 4GB sampai yang 40GB. "Bukannya mau pamer kalau maniak Sony, tapi kebetulan empat Ipod aku itu semuanya dikasih orang," ujar Dellon malu-malu saat ditemui di Hotel Ritz Carlton beberapa waktu yang lalu.
(btw, seharusnya Delon, bukan Dellon ;))

Wajar saja, iPod juga sudah menjadi icon. Evolusi sebuah brand bisa saja terjadi dan bergeser menjadi istilah umum - walau salah kaprah berat. Seperti yang disebutkan Arnold Siboro di milis id-mac beberapa waktu lalu, orang menyebut Walkman untuk semua Portable Cassette Player, padahal Walkman adalah brand milik Sony.

Sah sah saja. Namanya juga manusia. Biarian saja yang pusing (atau malah happy) pak de Steve Jobs dan baladewa-nya di Infinite Loop sana.

Salah kaprah toh sudah bagian dari pergaulan kita. Kalau perlu, kita bikin istilah salah kaprah baru saja biar makin ramai, makin ngawur dan makin kesasar. MP3 Player
kita ganti istilahnya saja, bukan iPod, bukan Walkman, bukan Aqua... tapi Odol!
Lho kok pasta gigi? Yha biar saja.. salah kaprah kok nanggung.

Hidup Odol!!!

4 comments:

adinoto said...

Not odolku kok ngaceng? :P
Odol iki yo opo to pakde?

cak uding said...

anjeerrrr opo ki kok ngaceng ngaceng, aku ngacung deh...wakakakakaka

Pinot, Dita, Arwen & Leia said...

Wah salah kaprah lagi nih. Mosok BOL dibilang ODOL. Dan lagi, mosok BOL bisa ngaceng? wakakakakakak

-sAm- said...

wah, separah itu ya... bahkan delon ikutan.

gpp deh yang penting mac terkenal. idup mac!

-sAm-