Friday, October 19, 2007

iPhone Madness - Last Part



Oke oke oke. Gue akui. Akhirnya gue ikut terseret dalam 'kegilaan' iPhone yang melanda kantor akhir-akhir ini. Akibatnya cukup fatal. Jika sebelumnya hanya sebagai penonton duduk manis (menikmati pertunjukkan Eman dkk unlock iPhone), gue sudah seminggu tidak tidur sempurna karena penasaran berusaha buka gembok (unlock) sebuah iPhone. Dan lebih parah lagi, Eman yang sudah berhasil dengan iPhone berfirmware 1.0.2, tidak bisa membantu banyak karena gue berhadap-hadapan dengan iPhone baru ber-firmware 1.1.1. 

Terus terang gue buta sama sekali saat memulai ngoprek. Baru nyadar bahwa iPhone yang di tangan ber-firmware 1.1.1 pun setelah beberapa kali gagal. Modalnya cuma pede dan nekat! Serta sedikit pengetahuan (kalau boleh dibilang minim) tentang Terminal.app di MacOS. Dan yang gue share di sini murni pengalaman pribadi, sehingga tidak bisa dijadikan sebagai jaminan bahwa informasi ini membuat iPhone 1.1.1 bisa ulocked sukses 100%. Ini pun juga bisa dilakukan karena guidance dari teman-teman di id-iphone.org (thanks guys!). Your millage may vary.

Awalnya, gue mengikuti prosedur yang tersedia di website ModMyiPhone. Dan berhenti di bagian terakhir instruksi saat proses unlock dengan Unlock.app dengan pesan status - di layar iPhone - Unlock Failed.

Berikutnya, gue coba menggunakan prosedur  di website HacktheiPhone. Kali ini menggunakan software unlock AnySIM.app. Pun gagal juga dengan status error "Couldn't locate bytes to patch".



Dari sini gue sadar (setelah baca-baca di forum dengan mata berair belum tidur) bahwa ada satu kutu kupret yang bernama baseband firmware atau modem firmware. Walau iPhone sudah didowngrade ke firmware 1.0.2, si baseband ini tetap tidak bergeming - bertahan di firmware 1.1.1.

Note : iPhone firmware 1.0.2 menggunakan baseband firmware 3.14.08_G. Sementara iPhone baru firmware 1.1.1 menggunakan baseband firmware 04.01.13_G.

Tanggal 13 Oktober dini hari (setelah kemarin lebaran hari pertama), gue browsing cari info tentang bagaimana downgrade baseband firmware. Tidak ada cara yang bisa diterima dengan nalar awam gue. Siang harinya, ternyata informasi downgrade baseband firmware sudah tersedia di situs iPhone elite. Mengikuti petunjuk, akhirnya gue berhasi downgrade baseband firmware, dengah harapan saat proses unlock dengan AnySIM bisa mulus. Ternyata, saat unlock, AnySIM masih memberi pesan error "Incorrect SIM". Gubrak!

Dari tahap ini, gue sudah semakin linglung dan bingung. Pemahaman minim tentang detail teknis mendorong gue untuk bertanya-tanya pada suhu-suhu di id-iphone.org. iPhone sudah bolak balik direstore dan diperawanin masih tidak ada hasil. Sempat tergoda untuk menggunakan jalur iPhone SimFree.

2 hari kemudian, situs ModMyiPhone memberi update baru tentang tahap-tahap unlock iPhone, lengkap dengan tahap downgrade iPhone ke 1.0.2, downgrade baseband dan upgrade (lagi) ke 1.1.1. Untuk pertama kalinya setelah bolak balik di restore, si iPhone kembali ke firmware out-of-the-box : 1.1.1, ditandai restore dengan gambar kabel iSync dan logo iTunes - sebelumnya selalu gambar rambu kuning segitiga. Dan software iNDependence (saat itu versi 1.2.1 - terbaru adalah 1.2.4, cek di sini) memungkinkan iPhone masuk dalam mode DFU (Device Firmware Upgrade) tanpa harus susah-susah tekan tombol Home & Sleep 10 detik.
Hasilnya masih nihil. AnySIM masih ngotot bilang "Incorrect SIM".

Setelah restore ulang bolak balik, iPhone dibiarkan istirahat di dalam kotak dengan status terakhir masih terkunci - firmware 1.0.2 dan baseband 03.14.08_G. Tanggal 17 Oktober pagi, seorang rekan kerja memberitahu bahwa AnySIM terbaru sudah release dengan versi 1.1. Gue disuruh buka blog suaminya di sini. Niatnya kerja, malah balik ngoprek iPhone. Dengan baca keterangan sambil lalu, gue dengan sok tahunya langsung pasang SIM card baru (SIM card AT & T sudah dijadikan korek kuping) dan melakukan tahap downgrade - upgrade seperti tertera di situs ModMyiPhone. Saat iPhone sudah dengan firmware 1.1.1 (baseband 04.01.13_G), AnySIM 1.1 yang terinstall tidak muncul di menu. Lah!?? Ada apa gerangan??
iPhone pun dikembalikan ke posisi DFU mode dengan iNDependence 1.2.2. Berikut tahap yang gue lakukan di stage terakhir :

1. iPhone kudu dalam kondisi DFU mode (sudah ada iNDependence ver
1.2.3 yg bisa langsung membuat iPhone masuk DFU mode). Baik itu yg
1.0.2 mau pun yg 1.1.1.

2. Downgrade di iTunes dengan pencet (option + restore) dan select
folder firmware nya. Diakhiri dengan Error dan layar iPhone jadi
rambu segitiga kuning.

3. Aktifkan dengan software iNDependence. Kalau ngga mau activated,
quit iNDependence terus buka iTunes. Setelah itu pencet tombol power
di iPhone (atau home - gue lupa) sampai layar iPhone jadi bola dunia.
Quit iTunes dan balik lagi ke iNDependence. Aktifkan dan quit.

4. Jalankan AppTapp dan masukkan BSD dan OpenSSH.
Notes :
  • Kalau ngga ada koneksi wi-fi, software BSD & OpenSSH bisa download lgs ke Mac dari website http://pxl.ibrickr.com/
  • Kemudian diupload ke iPhone dengan software Breezy (http://code.google.com/p/pxl/).
  • SSH bisa diinstall dari iNDependence

5. Download AnySIM dan upload ke iPhone melalui software Fugu atau
Cyberduck (gue sampe skarang masih ngga ngerti hubungannya bebek sama
iPhone apa :) ) Jangan lupa restart iPhonenya supaya icon AnySIM
nongol di menu.

6. Jika sebelumnya downgrade base band
dulu (dengan bbupdater & ieraser) sekarang ngga perlu karena AnySIM
sudah ngurusin semuanya tanpa harus downgrade.

7. Jalankan AnySIM, baca bismillah, berdoa yang kusyuk, komat kamit
sebentar di layar iPhone muncul "Unlock succesful". Selama ini, gue
belum pernah lihat pesan itu, selalu dibilang flashing berhasil tapi
unlock gagal. Dan ujung-ujungnya Incorrect SIM.

Wooohooooo!! iPhone direstart dan sinyal operator telpon gue penuh! Akhirnya jebol gemboknya! Kabar tersebar di kantor, menyebabkan beberapa rekan kerja yang awalnya tidak terlalu tertarik dengan iPhone, kini mulai blingsatan cari info bagaimana beli iPhone. Mau locked atau unlocked ngga masalah, yang penting mereka sudah menyaksikan sendiri di depan mata bahwa sebuah iPhone 1.1.1 bisa dibuka gemboknya - padahal juga belum tentu jaminan pasti unlocked. Lha wong yang ngerjain amatiran :D

Yang penting sekarang bisa tidur tenang lagi!!

4 comments:

Djundi said...

iya yg paling gampang so far pake independence 1.2.3
termasuk untuk upload program "anySIM 1.1 & installer.app"
khusus untuk installer.app, bisa di colong dari apptappinstaller (right click, show package content, buka folder resource, copy installer.app)
I've done 5 unlocks so far (v1.1.1) hehehe... lagi nunggu yg 3G nich...

Pinot, Dita, Arwen & Leia said...

iPhonenya sudah upgrade balik ke v. 1.1.1 setelah proses anysim 1.1? iPhone 1.1.1 gue sekarang masih bercokol di 1.0.2. Setelah anysim, belum upgrade balik ke 1.1.1.

aji said...

Not.. gw rada kesulitan nih saat harus unlock pdaphone gw supaya jadi iPhone... gimana caranya ya.. mmmm (sambil elus-elus jenggot) :(

adidoet said...

pinooooottttttt.....
gw dah beli iphone 5,5 juta unlocked....
trus dg pedenya saat gw berhasil download itunes ama quick time, gw lgsg sinkron semua file gambar ama lagu soneta gw ke iphones....lagi nunggu sinkron,l tau2 gw ngeliat ada tulisan update software, dan tanpa pikir panjang, gw tekan oke untuk update. lama not dl nya.....3jam, gw tunggu gw tinggal kongkow di kantin...dan walhasil saat cek itunes tinggal 0,2 kb lagi....dikit lagii dunx....hehehe....trus saat sukses dl, gw dg berebar hati menunggu i phone gw dg versi software baru dunx....lama juga neh...hampir 20 menitan install....dan akhirnya....gubrak!!!! iphone gw locked lagi. sim card nta ga valid ya...? heeeeelllllpppppp meeeeee.....................(d syedoo meker...jamaah rhomaiyah)