Wednesday, January 23, 2008

Garmin Cat Comes to Mac Cat Land


Ada titik terang baru dari coverage GPS di daratan MacOS. Garmin sebagai salah satu pembuat produk GPS terbesar sudah mulai serius melirik ke kucing-kucing Mac dengan mengirimkan kucing terbarunya, Bobcat.

Dengan Bobcat, file peta MapSource standar Garmin kini bisa dibuka di Mac - walau harus convert terlebih dahulu di PC menggunakan aplikasi MapConvert. Selain itu, dengan aplikasi Bobcat setiap GPS device Garmin bisa mesra berkomunikasi dengan Mac. Melalui USB port file peta bisa ditransfer (Send & Receive) untuk berbagai keperluan seperti penyimpanan waypoint & track log.
Sayangnya, untuk device Garmin non-USB tampaknya belum tersupport. Saat gue mencoba eTrex Summit dengan menggunakan kabel data serial to USB dari Bafo, aplikasi seperti MacGPS Pro & GPSy bisa berkomunikasi dengan baik, tapi sama sekali tidak terdeteksi oleh Bobcat.


BobCat dengan peta City Navigator - Middle East NT v4

Untuk organize data waypoint & track log, Bobcat cukup user-friendly. Seperti halnya MacGPS Pro, aplikasi ini juga memungkinkan kita untuk editing waypoint (tapi tidak untuk track log). POI yang kita edit bisa disend ke GPS device, lengkap dengan informasi lainnya - termasuk icon.

Sayang, gue belum bisa review lebih mendalam lagi. Harus segera menaikkan derajat GPS device gue dulu, dari eTrex Summit ke (minimal) Garmin NUVI :D Sehingga bisa konek ke Bobcat dengan harmonis.

Aplikasi ini masih bersifat beta, namun menjanjikan banyak harapan. Hanya saja, kayaknya tetep harus menunggu lagi untuk full-versionnya. Dan semoga niat Garmin ini bisa diikuti developer GPS software lainnya (seperti MapInfo atau OziExplorer) untuk memperluas coverage mereka ke daratan MacOS X. Sabar sabaarr..

Wish lists for full-version Bobcat :
- Track log editing
- Real-time navigation
- Send & Receive for non-USB GPS device (for my beloved old eTrex Summit)

2 comments:

MONROY said...

A interesting blog!!

Ferry said...

jadi bukan mapsource for mac ya..tapi Bobcat ya..