Tuesday, August 05, 2008

Review : Preschool App for iPhone/iPod Touch



Kami, sebagai gadgetarian dan orang tua dari 2 toddler, sudah sepantasnya memperkenalkan gadget dengan cara yang baik dan benar. Saat iPhone mulai dibanjiri software-software official dari Apple, langsung ngubek cari software untuk toddler. Dari sekian banyak -- seperti yang diulas di MacWorld -- kami membeli sebuah software education berjudul "Preschool Adventure" seharga US$ 0.9 (Rp 10.000-an).

Software ini pada dasarnya tidak berbeda jauh dengan educational software lainnya, dilengkapi dengan gambar & suara. Silakan tengok video demonya.



Isi dari software ini terdiri dari 4 halaman : warna, bentuk, tubuh dan suara.



Pada halaman warna, anak-anak diajak untuk mengenal warna dengan menyentuh 7 warna yang setiap disentuh akan berubah bentuk menjadi hewan-hewan laut, lengkap dengan suara dalam bahasa Inggris.



Halaman bentuk, terdapat 5 bentuk dengan 5 warna berbeda : segitiga, oval, kotak, persegi panjang & lingkaran. Seperti halaman sebelumnya, setiap item akan berubah sesuai bentuknya, juga dengan suara.



Halaman tubuh, anak-anak diperintahkan untuk membentuk sebuah tubuh kera, dengan cara menyentuh setiap bagian tubuh yang tersebar : mata, kaki, hidung dan lainnya. Setiap bagian tubuh yang disentuh akan mengeluarkan suara dan bergabung dengan bagian tubuh lainnya. Hingga akhirnya tubuh terbentuk sempurna, terdengar suara tepuk tangan dan suara kera *UUIKK UIIKK UUUKK UUKKK*



Halaman suara, terlihat suasana peternakan dengan hewan-hewan ternak di dalamnya. Masing-masing hewan akan bersuara jika disentuh.

Arwen dan Leia seneng banget dengan software ini. Ngga bosen-bosennya pinjem iPhone gue. Katanya, "Mo liat monkey! Mo liat horse!" Huehehehehehe.. hitung-hitung memperkenalkan bahasa Inggris di kepala mereka.



Preschool Adventure
US$ 0.99
http://www.3dal.com

More info about this software in iTunes AppStore :
http://phobos.apple.com/WebObjects/MZStore.woa/wa/viewSoftware?id=286526367&mt=8

Notes :
Bagaimana pun, penggunaan barang elektronik oleh balita seperti ini harus selalu diawasi dan dibatasi karena berbagai alasan perkembangan kesehatan (radiasi selular), kejiwaan (addiction) dan teknis (iPhone dibanting atau diilerin :D )

No comments: