Sunday, April 24, 2005

US$ 500 Mac in 1996

Artefacts from the Past

Lagi ngoprek majalah bekas gue di rumah ortu, nemu majalah MacUser terbitan April 1996 yang mengulas sebuah prototype produk Apple/Mac seharga 500 dollar AS. Gile jaman itu rupiah masih berkisar 2000-an per 1 dollar, yang berarti harganya sekitar 1 jutaan rupiah per unit.

Image hosted by Photobucket.com
Buat Mac user karatan pasti sudah tahu lah yang dimaksud produk apaan. Tahun itu, Apple kerja sama dengan Bandai mau bikin game-playing machine (game console), plus dengan fungsi internet-surfing machine dengan nama Pippin. Kira-kira fungsinya sebagai home entertainment. Pippin jalan menggunakan scaled-down Mac system software dengan prosesor 66 Mhz PowerPC 603 dan RAM 6 mb.
Sayangnya, positioning Pippin ngga jelas (cheap Macintosh, expensive game console), ngga punya kemampuan 3D graphic rendering seperti layaknya game console, ngga ada hard disk dan tidak adanya dukungan developer saat itu (developer menganggap Pippin sebagai 'unproven platform'), membuat Pippin 'tewas' dengan waktu yang singkat.

Tampaknya memang sudah sejak dulu Apple berusaha mati-matian membuat produk dengan harga murah. Jaman itu, Apple memproduksi berbagai macam 'low-cost' Mac seperti LC, Centris, Performa termasuk proyek Pippin tapi justru membuat Apple makin sekarat. 8 tahun kemudian setelah Pippin 'US$ 500', Apple baru nemu cara yang tepat untuk memproduksi dan menjual komputer murah saat Mac Mini lahir dengan harga US$ 499. Ternyata, ngga gampang bikin komputer murah :P .. d'oh!

Btw, iseng gue scan artikel majalahnya (sori ngga sempet nge-OCR-in dan nge-PDF-in). Selamat membaca.
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
Image hosted by Photobucket.com Image hosted by Photobucket.com
More about Pippin :
http://www.macgeek.org/museum/pippin/

4 comments:

w said...

hi Pinot dan Dita, asik ya bongkar bongkar dan menemukan hal hal spt itu? jadi nyesel juga dulu mbuangun majalah byte dan pcmag yg dari tahun 79 80 gitu.
padahal kan ntar kalau anak anak gue bongkar2 trus nemu artikel ttg printer dot matrix yg di elu elukan oleh para editornya "yg ini ada 9 pin dibandingkan yg ini yg cuman 8 pin".

anyway, ada beberapa poin:
- 500 jaman dulu = 1085 sekarang (asumsi inflasi 9%)
- mini mac, meski harganya juga 500, tapi ternyata embel2nya banyak juga ya...
- udah deh... ngantuks..

salam.

w said...

sorry, maksudnya mbuangin

Anonymous said...

Jangan lupa, Mac Mini sekarang dibantu dengan halo effect-nya iPod. Dan tujuannya jelas, bridging PC user untuk switch ke Mac tanpa harus membeli kelas Mac mahal. Sementara Pippin, awalnya aja ngga jelas.

ridwanz

Fahmi said...

Baru tahu gue Apple pernah mo bikin game console. Huahahahaha... Bill Gates malah udah sukses sama X-Box-nya.