Saturday, March 10, 2007

Old Tool Great Tool

Sering tercetus pertanyaan dari pengguna PC/Windows saat mereka sedang mempertimbangkan untuk switch ke Mac : berapa lama umur penggunaan platform ini? Buat yang sudah lama menjalin hubungan dengan Mac, jawabannya akan terpola : lama, lebih lama daripada pakai PC/Windows. Bisa 4 tahun, 8 tahun atau bahkan ada yang masih 'menggunakan' MacPlus atau Mac SE buatan akhir '90 an.
Konsekuensinya bekerja menjadi lebih lambat dan mengabaikan banyak feature terbaru dari software.


Bagi beberapa orang hal tersebut tidak menjadi masalah besar, termasuk gue dan kebetulan bokap gue sendiri. Melakukan pekerjaan reguler bikin cartoon strip Panji Koming (untuk harian Kompas) kini bokap dibantu dengan PowerMac G3 Blue & White buatan tahun 1998. Dari sejak diterimanya G3 ini di tahun 1999, bokap jadi semakin terpacu untuk melengkapi kemampuan hand-drawing-nya dengan fasilitas artistik yang diberikan oleh teknologi. Walau sempat coba-coba software terbaru - OS X, FinalCut Pro, AfterEffect di G4-nya, G3 ini tetap menjadi tool utamanya : kuas dan kanvas canggih.


Old G3 Great G3

Penggunaan sebuah komputer bagi beberapa orang tidak selalu mempertimbangkan kecanggihan atau selalu meng-update perkembangan teknologinya, tapi juga kenyamanan. Kenyamanan user-nya inilah yang membuat lifetime komputer sebagai alat kerja jadi relatif panjang, baik itu Mac atau PC & Windowsnya sekalipun. Hanya saja, gue dan bokap kebetulan merasa lebih nyaman untuk menggunakan Mac-nya selama mungkin. Semakin tua, semakin dirawat dan disayang. It's not just a tool, it's a great tool.

2 comments:

Anonymous said...

Bos... gw mau nanya" ttg macintosh gt.
gw dikasih macintosh ama sodara gw. tipenya powerbook 160. Abis bongkaran gudang. masih nyala sih, cuman lcd gambarnya putih doank. apa ituh rusak LCD'nya doank yah? klo mau betulin gmn? thx bro. nih e-mail gw = taartcake@hotmail.com

Aryo said...

Wah, mas Pinot ini anaknya pak Dwi Koen ya? saya penggemar comic stripnya lho.. hehe :)